Selasa, 06 Juli 2021

Pilihlah Jenis Mainan Kereta Berdasarkan Usia Anak

Bisa dikatakan anak-anak kecil begitu tertarik oleh mainan kereta sebab bentuknya bagus dan tampil dengan berbagai macam warna-warna yang unik. Mainan kereta bisa meningkatkan imajinasi seorang anak ketika melihat kereta tersebut sedang berjalan di rel yang tampak nyata. Seorang anak juga akan berperan sebagai seorang masinis dari kereta tersebut.

Aktivitas seperti merakit rel kereta bisa menciptakan kesenangan tersendiri bagi seorang anak dan juga mempunyai manfaat edukasi di dalamnya. Maka dari itu, tidak perlu ragu lagi, memberinya mainan kereta dapat menciptakan berbagai dampak positif untuk Anda. Pada artikel kali ini akan menjelaskan seputar cara memilih jenis mainan kereta kepada anak.

Pilihlah Jenis Mainan Kereta Berdasarkan Usia Anak

Cara Bijak Memilih Jenis Mainan Kereta Untuk Anak

Anda bisa menemukan beberapa jenis mainan kereta untuk diberikan kepada si kecil. Akan tetapi, jenis mainan kereta yang mana yang paling tepat untuk sang anak? Berikut ini terdapat hal-hal yang rasanya perlu menjadi perhatian bagi para orang tua.

Anda bisa saja memilih jenis mainan kereta yang diciptakan oleh brand terkenal. Akan tetapi, Anda perlu memilih produk mainan berdasarkan usia sang anak. Hal ini sangat penting, sebab sang anak bisa saja kebingungan jika Anda memberikan jenis mainan yang tidak sesuai dengan umur mereka. Supaya tidak mengalami kesalahan dalam pemilihan jenis mainan, pilihlah dan periksa secara teliti jenis mainan kereta berdasarkan usia sang anak.


1.       Berikan mainan yang aman dan simpel (Dibawah Usia 1 Tahun)

Kepada bayi yang berusia belum genap 1 tahun, berikanlah jenis mainan yang paling sederhana dan aman. Hindari memberikan mainan kereta yang memiliki komponen kecil yang bisa dimasukkan ke mulut si kecil.

Selain itu, berikanlah mainan yang menggunakan warna terang dan bisa menarik perhatiannya. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai edukasi untuk anak terkait pengenalan warna bagi mereka. Disarankan juga bagi Anda untuk memilih jenis mainan yang memiliki bagian sudut tumpul agar si kecil tetap aman dalam memainkan kereta tersebut.

2.       Memberikan mainan kereta yang bisa dirakit (Usia 1-3 Tahun)

Ketika berusia 1 sampai 3 tahun, seorang anak akan semakin tertarik terhadap mainan kereta dengan tampilan yang warna warni. Anda dapat memberikan sang anak jenis mainan kereta yang perlu dirakit terlebih dahulu. Ajarkanlah sang anak cara merakit mainan tersebut secara perlahan.

Anda bisa mengawali dengan jenis rakitan yang paling sederhana. Pada prosesnya sang anak akan sangat antusias dan merasa terhibur, dan memungkinkannya untuk selalu memainkan mainan kereta tersebut setiap saat. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa mainan kereta yang dipilih mempunyai ukuran sesuai dengan tangan sang anak agar mudah untuk dibawa-bawa kemanapun.

3.       Berikan jenis mainan kereta yang bisa mengedukasi (Usia 3-5 Tahun)

 Untuk anak usia 3 sampai 5 tahun, mereka sudah mulai tertarik oleh gambar kereta api asli. Sang anak akan sangat tertarik dengan mainan kereta yang bisa bergerak secara otomatis di jalur rel yang sudah dipasang. Pada usia ini, si kecil sudah mampu untuk merakit rel yang sedikit rumit. Aktivitas pada mainan jenis ini dapat menstimulasi imajinasi si kecil supa semakin berkembang dan memiliki wawasan lebih.

Itulah beberapa jenis mainan kereta api untuk anak berdasarkan usianya yang direkomendasikan oleh sehatQ. Tidak hanya itu, sehatQ juga menyediakan tindakan medis untuk berbagai penyakit.

Deskripsi : Pemilihan jenis mainan kereta api berdasarkan usia sang anak tentu menjadi salah satu sikap yang bijak, sebab orang tua harus mengetahui takaran dari kemampuan sang anak itu sendiri.